Friday, September 14, 2007

mengenang belajar komputer pertama kali

-------------quote--------------------------------------------------------------
On 9/14/07, Papa Fariz <boedoetsg@hotmail.com > wrote:

Assalaamu 'alaikum,

Liat FD (Floppy Disc) ukuran 3 1/2 inches, jadi kangen lagi dengan komputer jadul.
Inget banget di awal era 90-an, saat pertama kali punya kompi, layarnya masih EGA,
cuma 4 warna. Trus masih pake disket ukuran gede, yakni 5 1/4 inches. Lupa-lupa
inget kapasitasnya, kayaknya cuma 500 kb kalo gak salah. FD kecil, yang 3,5 inchi
datang kemudian dengan kapasitas 1,4 Mb. Ada yang masih pake FD gak?

Inget banget, dulu belum ada yang namanya Windows. Ngetik aja masih pakai
program Wapro, yang harus dihapalin command2 nya seperti .rm, .cm dll, ataupun
pake Chi Writer. Yang di save dulu biasanya dokumen tulisan, dan printer yang
dipakai adalah dot matrix yang berisiknya kayak bunyi pesawat jet.
.


__,_._,___


-------------/quote--------------------------------------------------------------

pertama belajar komputer

saya jadi ingat juga ketika pertama kali belajar komputer..smp kelas satu, belajar dos dan command2nya, ketik-mengetik pake ws 6.0, trus spreadsheet pake lotus 123, dan sedikit dbaseIII. dengan kenangan floppy disk 5 1/4 in merk verbatim dengan piringan emas seharga Rp5rb rupiah, harga yang terbilang mahal waktu itu.. :-)

awalnya, suatu hari saat saya kelas 6 sd saya main ke rumah teman yang anak pindahan dari jakarta. dia pamerin disket 5 1/4-nya dia "ini namanya disket..awas ati2 pegangnya jangan sampe kena bagian yang ini (sambil nunjuk bagian yang berlubang lonjong). aku kursus komputer di kota (di pusat kota saya, saya tinggalnya di desa)". namanya juga anak desa dikasih pegang disket ya takut2. takut ngrusak..:">

hingga smp ada tawaran kerja sama ke sekolah dari "surya computer", sebuah lembaga bimbingan belajar komputer. langsung saya minta ijin (dan biaya) buat kursus. waktu itu biayanya 3.500/bulan, 4x pertemuan/bulan, hari selasa pagi. dan sejak saat itu hari selasa merupakan hari yang saya nanti2kan.

komputernya klo tidak salah waktu itu adalah intel 4086. sementara di tivi ada iklan prosesor intel pentium MMX dengan model seorang ilmuwan intel dengan baju putih fullbody sedang nge-dance (?).

pelajaran pertama adalah menyalakan komputer, mulai dari cpu dan monitor. trus perintah date dan time. dan kemudian berbagai perintah lainnya, antara lain dir, copy, del, ren/rename, format, type, md, rd, tree, dll.

sekarang saya bersyukur pernah mengenal dos dan perintah2nya karena sangat membantu mengatasi masalah2 yang kadang timbul di windows.

game yang paling saya suka adalah dave. sebuah game yang bercerita tentang petualangan seorang anak bernama dave yang entah tujuannya nyari apa, waktu itu main ya main aja lewati level demi level, dan belum pernah tembus level 4..:D:D:D

trus game yang bagusan adalah commandos. cerita seorang tentara yang punya misi tertentu di kamp lawan.

mengenal windows pas kelas 1 sma. itupun di rumah teman. windows 98, yang klo mau masuk windows dari dos ketin perintah win..:D waktu itu berhubung buta windows jadinya cuma main solitaire sama ms paint. ini komputer berwarna pertama yang saya pegang :"> waktu itu saya pengeeen sekali dibelikan komputer..

abis itu ga pernah pegang komputer lagi, hingga kelas 2 atau 3 sma ada temannya bapak yang tawarkan komputer, katanya pentium. bapak udah setuju untuk membelikan komputer yang ditawarkan dengan harga 4jt itu, trus saya diajak liat barangnya. pas nyalain komputer kliatan klo prosesornya 4086, bukan mmx. trus liat di control panel > system, ternyata bukan mmx. bilang ke temannya bapak lho ini kan bukan pentium. ternyata temannya bapak asbun klo ini komputer pentium, orang dia ga gnerti komputer, cuma perantara (kayanya) :D memiliki komputerpun gagal deeh..:D:D

aah itu sekelumit kisah masa silam. mengenang mengenal komputer sungguh mengasyikkan ternyata..:-)

--
[h][A][n][u][N][g] - living in the beautiful life

11 mdpl, 0°57'166" LS, 122°47'287" BT
"Semua Orang itu Guru, Alam Raya Sekolahku, Sejahteralah Bangsaku" - Marjinal

No comments: