Friday, May 18, 2007

Fwd: [Pendaki]airport restriction on liquids

---------- Forwarded message ----------
From: Magdalena <salju18@gmail.com>
Date: May 18, 2007 11:50 AM
Subject: [Pendaki] Changi airport restriction on liquids
    

Ini adalah kondisi terakhir airport di Luar Negeri.

Pengetatan dimulai sekitar Maret- April 2007 ini, berhubung pada masa ini saya baru saja terbang ke banyak negara, termasuk Amerika, Sing, Hongkong, Eropa, China, Afrika, Timur tengah dll, maka saya share pengalaman dikit, semoga berguna.

1. Pemeriksaan bisa ketat, bisa longgar dikit. Umpama, masuk New Zeanald, dicegat 3 kali dengan pertanyaan : apakah anda yakin tidak bawa makanan sesuai yg anda sebut di form isian masuk ?

2. Pemeriksaan di US jangan ditanya, asal bunyi tit, balik lagi. sepatu mutlak dilepas ikut di scan, apalagi jaket dsb. Satu lagi, kalau anda dari dan ke US, begasi tidak boleh dikunci. ( kalau dikunci, dan kebetulan dia curiga, kunci akan dirusak dgn paksa ). jadi, biarkan terbuka, paling pakai tali plastik yg ditarik bisa kunci sendiri itu, namanya apa sih... dikunci
dgn nomor rahasiapun tidak boleh. sementara, kalau ada yg hilang, siapa yg tanggung ?

3. di Hongkong, semua minuman harus dihabiskan sebelum masuk, jadi dipintu masuk yg show your boarding pass itu penuh penumpang habiskan minuman sebelum botolnya dibuang. hand carry bawa 2 potong saja akan betul betul dipersulit untuk naik pesawat, sekalipun kita sebut satunya adalah notebook.

4. Kalau sudah masuk, anda beli Duty Free yg liquid ( wine ), maka belilah di embarkasi terakhir, umpama anda dari Singapore transit jakarta ke Perth, kalau beli di Sing, ada kemungkinan dirampas di jakarta. jadi harus beli di jakarta. di HK, kemarin ada 4 drum besar disamping mesin scan, 1 ditulis water, 3 ditulis wine.

5. Beberapa penerbangan berlakukan ukuran hand carry yg extrim, koper yg ditenteng dimensi luarnya ( termasuk bagian yg menonjol ) harus tidak lebih dari 35 x 22 x 52 cm.

6. Semua bawaan liquid sebaiknya dibegasikan, umpama kita bawa shampo besar, sabun cair, parfum, odol, hair spray dll. perhatikan dibungkus plastik yg kokoh dan tidak bocor. ada kemungkinan waktu diudara tekanan beda, tekanan dalam akan lebih besar menyebabkan bocor bahkan pecah.

7. Liquid, gel, tabung tekanan yg terpaksa dibawa hand carry : harus ditempatkan di wadah yg tidak lebih dari 100 ml. ( umpama bawa shampo botolnya tertulis 250 ml, padahal sisa beberapa sendok saja didalam, tetap melanggar ). usahakan wadahnya adalah asli barangnya, jangan ganti ke wadah lain yg tidak mencantumkan apa isinya atau beda cantumannya.

8. Semua liquid, gel, tabung tekanan yg hand carry harus dimasukkan ke satu kantongan plastik yg sealable, (istilahnya plastik klik ? ) kalau saya pakai semacam plastik untuk dokumen yg jauh lebih tebal. semua liquid, gel, tabung tekanan yg dibawa harus tidak lebih dari 10 jenis. alias tidak lebih dari 1 liter. tapi biasanya alasan pertama ( tidak lebih dari 10 jenis ) yg diutamakan.

9. semua nya harus masuk plastik klik yg ukurannya square size, saya ambil di Hong Kong dan New York, ukurannya 20 x 20 cm. nah, waktu masuk scaner, bila diperlukan, kantongan ini dikeluarkan. ( tidak selalu diminta dikeluarkan.)

10. Notebook, camera besar wajib dikeluarkan, ini hampir diterapkan disemua airport internasional.

11. waktu terbang, hindari badan penuh logam, umpama sabuk yg besar ( di US, dilepas ), jam tangan yg besar, baju celana sepatu penuh kancing logam, dsb. beberapa petugas yg ketat akan minta sampai betul betul penumpang
lewat gate metal detector tidak bunyi "tiit" lagi.

12. untuk atasi penerbangan panjang, yang mana ada waktu pramugarinya lama tidak keluar, bawalah botol kosong satu ( ukuran 200-250 ml, ), waktu dipesawat minta diisi air, lumayan. itu saya lakukan. ( jangan minta di isipenuh wine ya...)

Saya sendiri lagi siap siap ke Waitangi, Nw Zealand. semoga informasi ini membantu rekan yg mau terbang ke LN. CMIIW.

salam,
Philip K. Widjaja
Surabaya - Indonesia
 

--
[H][a][n][u][n][G] - living in the beautiful life

11 mdpl, 0°57'166" LS, 122°47'287" BT
"Semua Orang itu Guru, Alam Raya Sekolahku, Sejahteralah Bangsaku" - Marjinal

No comments: