Sunday, March 30, 2008

pinhole pertama

beberapa hari ini topik tentang pinhole menghangat di milis idP, ditambah sebenarnya sudah lama pengen nyobain pinhole, trus siang tadi nyempat2 in bikin 'lensa'-nya (baca: pinhole). alat dan bahannya: kertas bekas bungkus lenspen, selotip, cutter, gunting, lem super, spidol hitam, jarum jahit, cat semprot hitam doff, kertas timah bungkus rokok.

sebenarnya bisa sih langsung aja bikin kartonnya rata luar, tapi pengen fl-nya lebih pendek, sayangnya mungkin selisihnya cuma dikit (10-an mm).

karton dibentuk sedemikian rupa menyerupai topi, dengan maksud dapat semaksimal mungkin dekat ke sensor tanpa menghalangi mekanisme mirror. trus di tengahnya dilubangi agak besar, kira2 seukuran pensil lah, untuk memasang kertas timah yang hendak dilubangi dengan jarum (muter2 di rumah nyari alumunium foil ga dapat).

saya membuat lubang jarumnya dengan 'mengebor' kertas timah dengan car memilin2 jarum ke kertas dengan alas lantai keramik langsung, jadi cuma bolong seujung jarum aja, tidak sampe tembus bles.

setelah jadi langsung pasang di kamera trus diselotip lagi agar tidak jatuh/lepas.

berikut beberapa hasilnya..(g tajam, mungkin karena memakai kertas timah bungkus rokok sehingga tidak bisa menghasilkan lubang yang 'bersih', besok2 mo nyoba cari alumunium foil, agar lebih tajam lagi fotonya).

motret dengan shutter time kira2 aja. mode manual, raw, colour temp 5600c, lanscape. langit cerah matahari cerah (tidak terlalu terik), sekitar jam 14.30. kamera on tripod with timer+mirror lockup.

img_1592 : iso 200, 10", adj -2ev
img_1593 : iso 200, 6", adj -0.5ev
img_1594 : iso 100, 6"
img_1595 : iso 100, 4"
img_1596 : iso 100, 4"
img_1597 : iso 100, 4"
img_1598 : iso 400, 1.5" adj -0.3ev
img_1599 : iso 400, 0.7" adj +1ev

foto kamera diambil dengan nokia 6120c pinjeman dengan modul malam.

rencananya minggu pagi mo nyoba2 lagi mumpung pinhole-nya belum dilepas n belum ganti yang alumunium foil.

semoga berguna.


--
[h][A][n][u][N][g] - living in the beautiful life

11 mdpl, 0°57'166" LS, 122°47'287" BT
"Semua Orang itu Guru, Alam Raya Sekolahku, Sejahteralah Bangsaku" - Marjinal

1 comment:

Anonymous said...

Hello Hanung sori bbrp pto km aku ambil tanpa ijin dulu,pto pulau dua tuh aku suka bngt,mslhnya pulau itu adanya di dekat kampung halaman mamaku,di balantak sana,skrng ini aku tinggal di bandung,jdi klw kangen rmh,aku ska berkunjung ke blog temen2 yg dari lwk,pling sering aku berkunjung ksini,ngintip kali2 aja ada tulisan baru atau pto baru yg km upload...oh ya bbrp pto milik kmu aku pajang di homepage ku/hi5.com
dan di facebook...ini aku tinggalin id
emailku,adeliarosalinda@yahoo.com
aku sngt brharap bs ktmu dng kmu.
di facebook km bs nemuin aku di adelia rosalinda...